Cara Menginstal Driver Windows 10

By | Januari 17, 2022

Instal driver merupakan kegiatan yang penting dilakukan agar Windows dapat berjalan dengan baik. Tanpa adanya driver ini, maka mustahil jika perangkat yang ada di dalam Windows dapat bergerak karena fungsi dari driver ini adalah menggerakkan perangkat kerasnya. Oleh karena itu cara menginstal driver Windows 10 penting diketahui bagi pengguna komputer, terutama pengguna Windows.

Apa Itu Driver?

Banyak orang yang membicarakan driver ini namun sebenarnya tidak paham pengertian dan juga fungsi dari driver sendiri. Perlu diketahui bahwa driver merupakan sebuah sistem yang bertugas untuk menghubungkan antara sistem operasi yang posisinya berada pada komputer dengan perangkat kerasnya. Perangkat keras yang diatur adalah WiFi Card, Touchpad, VGA, dan lainnya.

Ketika seseorang melakukan penginstalan maka secara otomatis perangkat keras akan turut serta terinstal sehingga bisa digunakan dengan baik. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk semua perangkat sehingga ada perangkat yang harus dilakukan instal secara manual. Oleh sebab itu, pengguna harus bisa melakukan instal driver sendiri agar tidak boros biaya untuk ke tempat service.

Melakukan penginstalan seorang diri bukanlah masalah yang besar asalahkan pengguna mengerti bagaimana caranya. Perlu diketahui bahwa apabila semua driver telah terinstal dengan baik, maka semua perangkat dapat berfungsi secara normal seperti sedia kala. Setelah instal pun perlu dilakukan update secara berkala untuk menghilangkan bug yang mengganggu perangkat komputer yang dimiliki.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Hardisk Khusus Windows 10

Cara Menginstal Driver Windows 10 Paling Benar dan Cepat Dilakukan

Melakukan instal driver bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Poin yang paling penting adalah membaca secara runtut terlebih dahulu caranya agar tidak bingung. Apabila sudah siap silahkan mulai untuk mempraktekannya. Berikut akan diberikan cara menginstal driver Windows 10 agar pengguna lebih paham mempraktekannya:

  • Mulanya, silahkan membuka Device Manager terlebih dahulu pada perangkat komputer yang dimiliki. Pengguna bisa klik tombol Start menggunakan klik kiri kemudian pilih Control Panel. Setelah itu akan ada banyak sekali pilihan salah satunya Device Manager
  • Klik Device Manager tersebut menggunakan klik kiri, kemudian akan muncul pilihan apa saja yang bisa dilakukan instal drive
  • Klik kanan pada perangkat yang akan dilakukan instal Drive kemudian pilih Properties yang berada pada urutan paling bawah
  • Kemudian, akan muncul jendela Properties dan pengguna bisa memilih Details yang berada pada urutan ketiga dari pilihan tersebut. Lihatlah di bagian bawahnya yang bertuliskan Property. Klik Properti dengan satu klik saja dan akan muncul banyak sekali pilihannya
  • Pengguna hanya perlu klik pilihan yang nomor 3 yaitu Hardware Ids
  • Selanjutnya akan muncul keterangan hardware id dari perangkat yang akan diinstal. Klik kanan pada hardware id tersebut dan pilih copy
  • Buka situs pencari driver kemudian paste link yang telah dicopy pada kolom yang tersedia. Klik search dan akan muncul daftar drive yang disediakan oleh situs ini.
  • Pilih driver yang sesuai dengan perangkat keras pada komputer yang dimiliki. Jangan lupa pula perhatikan versi Windowsnya.
  • Unduh driver tersebut dan instal sesuai dengan perintahnya. Proses instal ini bisa dilakukan secara manual dan tidak memerlukan sinyal internet. Setelah selesai Restart komputer dan instal drive selesai.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama

Itulah cara menginstal driver Windows 10 yang bisa dicoba oleh pengguna. menyimak informasi tersebut tentu tidak lagi membutuhkan tutorial Youtube untuk mempraktekannya. Kuncinya paham setiap caranya dengan baik agar tidak keliru ketika sudah melakukan praktik secara langsung.

 

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.