Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Hardisk Khusus Windows 10

By | Februari 12, 2022

Banyak orang yang mengira jika file yang terhapus di hardisk akan hilang selamanya. Apalagi, jika proses penghapusan yang dilakukan adalah penghapusan permanen. Namun ternyata masih ada cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk. Terutama jika perangkat menggunakan sistem operasi Windows 10.

Pada sistem operasi versi ini terdapat fitur File History. Fitur ini bisa membantu para pengguna membuat cadangan berkas secara berkala. Tidak hanya pencadangan berkas. File history ini mencadangkan pula file-file yang dihapus pada hardisk perangkat.

Sekalipun para pengguna menghapus file secara permanen pada hardisk. Fitur ini akan menyimpan file yang dihapus tersebut untuk periode waktu tertentu.

Apa Itu Fitur File History ?

Sebelum membahas cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk dengan fitur File History ini. Ada baiknya bagi para pengguna untuk mengenal mengenai fitur satu ini terlebih dahulu.

Seperti yang dijelaskan secara sekilas sebelumnya, File History adalah sebuah fitur pencadangan otomatis yang dimiliki oleh sistem operasi Windows 10. Seperti nama fiturnya sendiri, File History akan menyimpan ‘sejarah’ atau catatan aktivitas yang dilakukan pada file.

Mengapa fitur ini bisa membantu para pengguna untuk memulihkan datanya? Karena aktivitas yang dicatat dan dicadangkan oleh fitur ini termasuk juga aktivitas penghapusan file pada hardisk. Sekalipun, file dihapus secara permanen.

Biasanya, fitur ini akan menyala secara otomatis pada perangkat dengan sistem Windows 10. Namun, ada baiknya untuk para pengguna mengecek pada Settings komputer untuk memastikan fitur ini sudah menyala.

Baca juga: Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data Indosat

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan File History

Setelah mengetahui sedikit mengenai fitur File History. Berikutnya akan dibahas bagaimana cara memanfaatkan fitur ini untuk mengembalikan file yang terhapus di hardisk. Terutama, file yang sudah terhapus secara permanen. Berikut adalah ulasan cara yang bisa diikuti oleh para pengguna:

Baca Juga:  5 Cara Melacak Nomor Telepon Penipu yang Mengganggu

Buka Fitur File History

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pengguna adalah membuka fitur File History terlebih dahulu. Caranya mudah, para pengguna bisa memanfaatkan fitur kolom pencarian yang ada di Windows 10.

Ketikan ‘File History’ pada kolom kemudian tekan Enter. Maka menu dari fitur tersebut akan langsung muncul pada hasil pencarian. Klik pada ikon fitur tersebut untuk membuka menu fiturnya.

Pulihkan File dengan Opsi Restore

Setelah fitur File History terbuka, para pengguna bisa melihat ada berbagai opsi yang disediakan oleh fitur ini. Mulai dari fitur melihat aktivitas file yang dipindahkan, file yang didownload, sampai file yang sudah terhapus.

Salah satu opsi yang tersedia adalah ‘Restore Your File With File History’. Klik pada fitur ini, maka pengguna akan dibawah ke daftar file yang sudah dihapus baik secara permanen maupun dihapus sementara dari komputer.

Pilih File Terhapus yang Ingin Dipulihkan

Setelah masuk ke daftar file yang sudah pernah dihapus. Pengguna tinggal memilih file terhapus mana saja yang ingin dipulihkan. Lebih baik untuk tidak memulihkan semua file yang terhapus sekaligus. Karena mungkin prosesnya akan lama dan sangat membebani perangkat.

Apalagi, jika ada file yang berukuran sangat besar terdapat pada daftar file yang sudah dihapus. Pilihlah satu-pers satu file yang ingin dipulihkan. Seleksi beberapa file saja untuk dipulihkan secara bersama-sama.

Setelah itu file yang dipulihkan tersebut akan Kembali ke folder penyimpanan yang sama seperti sebelum dihapus.

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk memanfaatkan File History. Perlu diingat, cara di atas hanya bisa dilakukan jika pengguna mengaktifkan fitur File History sejak awal. Jadi, pastikan fitur ini dalam keadaan aktif pada perangkat Windows 10.

Baca Juga:  ASUS ExpertBook Flip, Laptop Bisnis Terbaik Paling Kece yang Siap Bekerja Tanpa Batas

 

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *